Penguatan adalah bentuk respon guru dengan menggunakan ucapan (verbal atau gerakan isyarat/non verbal), terhadap perilaku yang ditunjukkan oleh siswa.
1. Tujuan Memberikan Penguatan
a. Memberikan umpan balik bagi siswa atas perilakunya, sehingga dapat mengendalikan perilaku siswa yang negatif menjadi positif.
b. Meningkatkan dan memusatkan perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang sedang dibahas.
c. Mendorong, membangkitkan, dan meningkatkan motivasi belajar sehingga memudahkan siswa belajar.
d. Memberikan ganjaran dan membesarkan hati siswa agar lebih aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
2. Jenis-Jenis Penguatan
a. Verbal (Penguatan Berbentuk Ucapan)
1) Berbentuk kata-kata pujian, penghargaan, persetujuan, dsb.
Contohnya: good, excellent, awesome, perfect, all right, right, dsb.
2) Berbentuk kalimat
Contohnya: I am proud of you; That is a good job; dsb.
b. Non Verbal (Penguatan Berbentuk Gerakan Fisik)
1) Gerakan Isyarat dari Anggota Tubuh
a) Gerakan kepala
b) Wajah Ceria/Cerah
c) Wajah Mendung
d) Tersenyum
e) Tertawa
f) Kontak Panda Mata
g) Mengangkat Ibu Jari Tangan/Jempol Tangan
h) Tepuk Tangan
2) Sentuhan
a) Memegang atau Menepuk Bahu
b) Mengusap Kepala
c) Jabat Tangan
3) Pendekatan Kepada Siswa
a) Guru Berdiri di Samping Siswa
b) Guru Duduk Dekat Siswa
4) Memberi Hadiah
a) Benda (buku, pensil, dll.)
b) Simbol (bintang)
c) Kegiatan (jadi ketua kelas)
Sumber:
Sumiati dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran, Hal. 125-131. Bandung: CV. Wacana Prima.